Kos-kosan umumnya adalah sarana yang tak pernah habis peminat. Hampir
setiap lokasi kos-kosan yang dekat dengan pusat aktivitas, biasanya ramai
peminat. Kos-kosan biasa dibangun di dekat kampus atau kawasan perkantoran.
Jika dekat kampus, maka peluang pasarnya rata-rata tetap, yaitu saat masa
pergantian tahun ajaran. Mahasiswa baru biasanya akan berdatangan mencari
kos-kosan yang dekat dengan kampusnya dan sesuai dengan kantong mereka.
Sedangkan untuk kos-kosan yang dekat lokasi perkantoran, memang agak lebih
bersaing. Harga kos-kosan di kawasan perkantoran dapat dipatok dengan harga
lebih mahal dibandingkan dengan kos-kosan dekat kampus. Harga sewa per bulan di
masing-masing kawasan tersebut rata-rata umumnya berada pada kisaran yang sama.
Jadi mungkin harga bukanlah aspek penjualan yang terlalu bisa diutak-atik.
Namun nilai tambah kos-kosan dapat diolah pada aspek lain selain harga. Berikut
adalah caranya agar kos-kosan kita punya nilai tambah sehingga lebih menarik di
mata para calon penyewa.
1. Keleluasaan dan privasi Hal yang paling dicari dari sebuahrumah kos adalah keleluasaan dan
privasi. Calon penghuni kos biasanya malah jadi urung menyewa kamar karena
misalnya untuk mengakses kamarnya sendiri, ia harus melewati rumah atau area privat si pemilik
kos. Pastikan bahwa kos-kosan yang Anda sewakan punya akses langsung dari jalan
menuju kamar masing-masing. Pastikan para penghuni kos punya kunci pintu kamar
masing-masing dan kunci pintu gerbang, beserta kunci cadangannya.
Keleluasaan yang dimaksud juga bisa berupa kebebasan mengganti cat atau
tampilan interior kamar, atau kebebasan mengajak teman masuk bertamu ke kamar
kos-kosan.
2. Sarana
Sediakan sarana standar seperti air bersih, kamar mandi (bisa di luar atau
di dalam kamar), tempat cuci dan jemur pakaian, serta area parkir, dan mungkin
juga sarana elektronik seperti kipas angin atau AC. Penghuni kos sebisa mungkin
memiliki area parkir yang cukup luas untuk memarkir kendaraan pribadi mereka
baik itu motor, mobil, ataupun sepeda.
3. Layanan istimewa
Berikan layanan yang istimewa, misalnya berupa layanan cuci baju yang lebih
murah, layanan pesan-antar makanan ke kamar, layanan antar air galon, serta
membersihkan kamar (misalnya termasuk juga layanan mengganti seprei kasur dan
instalasi barang elektronik). Namun untuk yang terakhir ini, sebelumnya Anda
juga harus mempromosikan keamanan lokasi kos-kosan. Pastikan para penyewa kamar
merasa aman tinggal di kos-kosan Anda, terutama jika ada orang lain yang masuk
untuk membersihkan kamar atau mengganti seprei kasur.
4. Bonus
Sediakan bonus berupa
diskon untuk penghuni yang membayar kos tepat waktu. Diskon tidak harus berupa
potongan harga sewa kamar bulanan, namun bisa berupa layanan gratis cuci atau
setrika pakaian (salah satu atau keduanya). Atau, misalnya kelonggaran untuk
menggunakan barang elektronik pribadi di kamar, penggunaan sarana listrik, atau
telepon. Tawaran yang berbeda seperti ini tentu menarik dan dapat menjadi nilai
tambah suatu produk kos-kosan. Namun ada baiknya tawaran istimewa ini berlaku
pada saat tertentu saja, misalnya seminggu pertama saat kos-kosan masih baru
dibuka, atau pada awal musim pergantian tahun ajaran. (*/Nilam)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar