Rabu, 14 September 2011

Tips dan Trik Desain Web Profesional

Website yang bagus adalah website yang banyak pengunjungnya. Agar banyak pengunjungnya, selain promosi yang bagus, web Anda juga harus disenangi oleh pengunjung. Salah satu faktor yang menjadikan
pengunjung senang pada website Anda adalah desain yang menawan dan memiliki nafigasi yang mudah. Berikut ini Anda akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mendesain suatu website profesional.
1. APA YANG INGIN DITONJOLKAN DALAM SUATU WEBSITE

Banyak orang yang ingin menawarkan semua produk/infonya dalam suatu website. Tetapi hal ini akan membuat pengunjung bingung dan berpikir. Kebanyakan orang tidak suka berpikir. Seperti mengunjungi suatu restoran pertama kali, kita hanya ingin tahu apa makanan dan minuman yang paling enak dan terbaik di sini. Dan kemudian kita akan pesan itu.

Oleh karena itu, bila Anda mempunyai ratusan bahkan jutaan info/produk. Pilih satu atau beberapa info/produk saja yang ingin ditonjolkan dalam suatu website. Sehingga pengunjung tidak bingung dan dapat memilih dengan cepat apa yang ditawarkan.

Contohnya agusjafar.com yang mempunyai begitu banyak konten informasi mulai dari Teknologi hingga Tips. Tetapi yang difokuskan hanya satu, yaitu posting terkini.


Kalau Anda sudah punya website, lihat lagi apakah Anda menawarkan semua informasi pada saat pengunjung masuk ke halaman depan website Anda.


2. APA YANG INGIN DITAMPILKAN DALAM SUATU WEBSITE

Setelah Anda mengetahui apa yang ingin ditonjolkan, tentukan apa saja yang ingin ditampilkan dalam suatu website. Dengan begitu Anda bisa membuat sitemap, mulai membuat layout dan memikirkan seperti apa disainnya. Sampai pada tahap ini, buat klasifikasi yang dapat menyederhanakan konten di website sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apapun yang ingin dicari di website Anda.


3. CARI DAN TEMUKAN WEBSITE ACUAN

Cari beberapa website acuan sehingga Anda tidak memulai disain dari awal yang membutuhkan waktu lama. Lihat bagaimana pewarnaannya, navigasinya, kontennya dan apakah di mesin pencari mudah ditemukan. Kadang kita suka dengan navigasi di website acuan A dan disain dari website acuan B. Ini sering sekali terjadi. Tetapi sebagai seorang web designer, Anda dapat mengatasi hal tersebut sehingga website Anda akan menjadi unik walau mengambil ide dan inspirasi dari beberapa website tersebut. Sehingga website Anda mempunyai kualitas yang sama atau bahkan lebih dari website yang ada sebelumnya.

4. DESAIN ADALAH HARMONISASI ANTAR ELEMEN


Harmonisasi antar elemen dalam suatu website membentuk suatu keindahan. Elemen-elemen yang harus Anda ketahui adalah tulisan (font), warna (color), gambar (image/photo), dan tata letak (layout). Bagaimana memanipulasi elemen (tulisan, warna, gambar) tersebut dan merangkainya (tata letak) dalam suatu keindahan adalah pekerjaan seorang web designer.

Agar terjadi keharmonisan disain, untuk pemula jangan terlalu banyak menggunakan jenis tulisan atau warna. Pilih maksimal dua jenis tulisan atau warna sehingga disain web tidak terlihat ramai dan rumit, memusingkan.

Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop untuk mendesain sebuah website.

Demikianlah tips dan trik mendesain suatu website. Tetapi ini baru langkah awal, langkah selanjutnya adalah membuat website tersebut dapat berinteraksi, dapat diotomatisasi agar bisa berjalan sendiri saat kita sedang tidur, melakukan search engine optimitation sehingga dikenal oleh mesin pencari dan mendatangkan banyak pengunjung, melakukan berbagai promosi dan membuat sales copy sehingga pengunjung yang datang dapat langsung membeli apapun yang Anda tawarkan di website Anda jika website tersebut adalah sebuah web e-commerce.

Nantikan tips dan trik berikutnya :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar