Selasa, 04 September 2012

2014, Target Jumlah Rumah Tak Layak Huni Turun 1,32 Juta Unit


SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Perumahan Rakyat RI menargetkan pada 2014 mendatang, akan menurunkan jumlah angka rumah tidak layak huni sebesar 16,7 persen, yakni 1,32 juta unit rumah. Pihak kementerian juga akan membangun sebanyak 250 ribu unit rumah secara swadaya pada 2012.
Sesuai dengan data dari BPS jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia mencapai 13,6 juta unit pada tahun 2010, dan setiap tahunnya kebutuhan rumah sebesar 800 ribu unit karena pembentukan keluarga baru, dari tahun ke tahun akan terus bertambah.
Hal itu disampaikan Sekretaris Menteri Perumahan Rakyat RI Iskandar Saleh saat menjadi pembicara dalam Seminar nasional Green Urban Housing Policy di ruang seminar Perencanaan Wilayah Kota Fakultas Teknik Undip Tembalang, Selasa (4/9).
Pembicara lainnya yakni Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Eddy Ganefo, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Adi Sasono, Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip Asnawi Manaf, Pakar Perumahan dan Ketua Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) Semarang Eko Budihardjo.
Sekretaris Menteri Perumahan Rakyat Iskandar Saleh menambahkan, pembangunan rumah untuk masyarakat terus didorong pemerintah sesuai dengan Undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, setiap orang berhak untuk memiliki rumah atau tempat tinggal yang layak dan lingkungan yang sehat.
"Kesenjangan sosial saat ini terlihat mencolok, dengan munculnya kantong-kantong permukiman kumuh sebesar 1,30 persen hingga mencapai 57. 800 ha, bahkan kondisi ini juga ditandai tingginya jumlah rumah yang tidak layak huni sebesar 4,8 juta unit pada tahun 2009," jelasnya. Pihaknya saat ini juga melakukan penyediaan rumah dan kawasan permukiman untuk masyarakat penghasilan rendah yakni dengan cara baik itu secara formal; penyediaan rumah layak huni masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBM) seperti rumah tapak dan rumah susun maupun secara swadaya.
( Yulianto / CN32 / JBSM )


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/09/04/128948/2014-Target-Jumlah-Rumah-Tak-Layak-Huni-Turun-132-Juta-Unit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar