Minggu, 28 Oktober 2012

Beli Properti Bermodal Rp0 dan Untung? Ini Siasatnya



detail berita
Ilustrasi (foto: stellarealtyok)
JAKARTA - Untuk menjadi pengusaha atau investor properti tidak hanya sekadar membutuhkan modal yang besar, tapi juga perlu keahlian dalam menilai harga properti itu sendiri. Sebab, siapapun tentunya ingin mendulang untung dari bisnis yang digeluti dan bukannya rugi.

Paka properti Panangian Simanungkalit membagi ilmu dalam menilai harga properti. Seperti dikutip dalam bukunyaRahasia Menjadi Miliarder Properti, Senin (22/10/2012).

Menurutnya, kesuksesasan dalam berinvestasi properti, dipengaruhi oleh kemampuan seseorang dalam melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Menyeleksi jenis properti yang menghasilkan pendapatan sewa secara berkelanjutan (cap rate).
2. Memilih lokasi investasi properti yang paling propspektif dari sisi peningkatan nilainya (capital gain).
3. Memprediksi tingkat apresiasi properti yang Anda targetkan.
4. Menilai kondisi dan situasi pasar lokal ketika membeli properti (siklus pasar).
5. Memilih investasi properti dengan "harga yang menarik".
6. Menegosiasikan syarat-syarat yang menguntungkan bagi pembelian properti.

"Bila suatu properti dapat Anda beli di bawah nilai pasar, maka ini merupakan transaksi yang paling menguntungkan untuk Anda," sebutnya.

Dia menjelaskan, nilai pasar adalah harga yang bersedia dibayar oleh pembeli untuk properti tersebut pada kondisi pasar yang seimbang. Anggaplah harga pasar sebuah properti Rp500 juta dan bila Anda dapat membelinya senilai Rp400 juta, maka Anda sudah meraih keuntungan instan senilai Rp100 juta.

"Dengan uang muka 20 persen dan KPR 80 persen dari Bank (sekira Rp400 juta), ini artinya Anda telah membeli properti dengan modal nol, sekaligus mendapatkan untung," bebernya. (NJB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar