Minggu, 21 Oktober 2012

Lebih Nyaman Memajang Karya Anak?


www.houzz.com
Anda tidak mungkin memajang semua karya anak Anda di dinding rumah. Sebelum memilih beberapa karyanya, pilihlah dinding atau lokasi lain tempat memajang arya tersebut

KOMPAS.com - Memang, terkadang orang sulit memutuskan karya seni seperti apa yang cocok untuk ruangan-ruangan di rumahnya. Sulitnya memutuskan bukan hanya karena ada begitu banyak pilihan, tetapi karena pertimbangan harus matang lantaran harga lukisan atau karya seni lain tidak murah.

Untuk itu, Anda dapat mulai berburu karya seni dari penjual barang bekas, saudara atau teman yang sudah bosan dengan koleksi mereka, atau memajang kain-kain bercorak unik. Selain alternatif-alternatif ini, Anda sebenarnya juga punya jalan keluar lain, terutama jika saat ini anak Anda masih berusia balita.

Ya, Anda bisa memanfaatkan kegemaran mereka melukis, mewarnai, dan mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah dengan memajang karya seni buatan mereka. Nanti, ketika tumbuh semakin besar, kenang-kenangan masa kecil mereka akan tetap terpampang di rumah.

Anda boleh percaya, boleh juga tidak. Dengan memajang karya seni anak-anak Anda di rumah, suasana rumah akan terasa lebih nyaman. Dengan membiarkan anak terus berkreasi serta memberikan penghargaan semacam ini, anak jadi senang, hati orang tua pun tenang.
Hal pertama harus Anda ingat dalam menjadikan karya anak Anda sebagai pajangan adalah memperlakukan hasil karya tersebut dengan serius. Lewat situs Oprah.com, Oprah Winfreymemberikan contoh seorang ibu bernama Janell. Janell mendekor rumahnya dengan karya sang anak.
"Janell menggantung hasil karya Isabella, anaknya, di rumah. Namun, Janell menggunakan lebih dari sekedar paku payung. Ia memperhatikan warna yang digunakan di dalam karya dengan warna ruangan, dinding, mebel, dan gorden. Janell memperlakukannya seperti karya yang serius," ujar Oprah.
Janell juga menggunakan pigura putih di seluruh rumah. Dia bilang, itu dilakukan agar hasil karya anaknya menjadi lebih tampak.
"Selain itu, untuk memberikan kontinuitas dari ruang ke ruang," ujar Oprah.
Agar dapat melakukan hal yang sama dengan Janell, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika memajang karya anak Anda. Siapa tahu, Anda juga akan dipuji oleh Oprah.
Buatlah pilihan
Anda tidak mungkin memajang semua karya anak Anda di dinding rumah. Sebelum memilih beberapa karyanya, pilihlah dinding atau lokasi lain tempat memajang karya tersebut. Pilih area yang tidak penuh agar hasil karya dapat menjadi fokus utama.
Masukkan dalam pigura senada
Biasanya, karya anak Anda akan sangat berbeda dari karya yang satu ke karya yang lain. Agar dapat memajangnya berdamping-dampingan, cobalah memilih pigura dengan warna dan ukuran yang sama.
Jadikan karya anak sebagai patokan
Jika memungkinkan, Anda juga dapat mendekor ruang berdasarkan warna palet dari lukisan anak Anda. Dengan begini, ruangan tersebut akan tampak serasi.
Tertarik mencoba?
(Sumber: http://www.oprah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar