Senin, 22 Oktober 2012

Struktur Kuat, Dekoratif Mantaf


Pesona bata ringan sebagai material dinding kini makin bersinar. Pecintanya pun makin mewabah hingga ke semua kalangan. Bukan sekadar diaplikasi untuk proyek gedung-gedung bertingkat, tetapi sudah menjamah hingga ke proyek rumah tinggal. Untuk memperolehnya pun sangat mudah karena material ini mulai tampak menjajakan dirinya di toko bahan bangunan baik toko tradisional maupun modern.
Melejitnya bata ringan sebagai material dinding yang mulai menyisihkan batu bata tidak terlepas dari pelbagai kelebihannya. “Bata ringan ini memiliki kekuatan lebih unggul dibanding batu bata. Proses pemasangannya sangat cepat. Ia cukup membutuhkan perekat setebal 3mm. Sedangkan batu bata membutuhkan perekat plesteran setebal 2cm-3cm. Bentuknya pun lebih presisi dan rata hingga dapat teraplikasi lebih rapi dan sempurna,” terang Choandry, Senior Account Manager PT Broco Aerated Concrete Industry.
Yang menarik, bata ringan ini tidak hanya hanya diaplikasi sebagai material dinding struktur. Ia mampu bermetamorfosa menjadi dinding dekoratif yang dapat mempercantik tampilan rumah. “Dengan sedikit kreatifitas, Anda dapat membuat dinding-dinding yang tidak hanya kuat secara struktur tetapi dapat menjadi elemen dekoratif yang mempercantik penampilan rumah Anda,” terang Coandry dalam acara pameran Indobuiltech 2012, lalu.
Cara pemasangannya pun tidak berbeda dengan dinding struktur pada umumnya. Tetapi perlu dicatat, jika ingin dipasang di eksterior sebagai dinding dekoratif harus dilapisi dengan coating transparan, sedang untuk interior dapat diekspos tanpa finishing. Tujuannya agar tidak berlumut. Dari ukuran, produk keluaran Leichtbric memiliki ukuran standar. Tetapi, mereka tetap akan melayani jika ada konsumen yang ingin membeli produk ini dengan ukuran customs (ukuran diluar standar). Anda pun bisa lebih mengekplorasi dinding rumah Anda, kan?
(Irfan Hidayat – irfan@tabloidrumah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar