Senin, 22 Oktober 2012

Rumah Terkecil Sedunia Telah Dibuka di Polandia


22 Oct 2012 10:06:30 WIB

Rumah di Warsawa ini berbentuk segitiga memanjang ke bawah 9 m dan lebar 1,4 m dengan ruangan serba kecil.
WowKeren.com - Seorang arsitek asal Polandia sempat mengumumkan bakal membangun rumah paling kecil sedunia. Kini rumah tersebut sudah selesai dibangun dan resmi dibuka. Rumah itu hanya memiliki lebar 1,4 meter dan diapit oleh dua bangunan besar.

Bangunan yang terletak di kota Warsawa ini memiliki desain triangular (segitiga) dengan tinggi 9 meter. Arsitek bernama Jakub Szczesny yang membangunnya dan akan menjadi rumah bagi penulis Israel, Edgar Keret. Sebagai pemimpin proyek ini, Edgar akan tinggal disana selama setahun.

Rumah paling sempit di Eropa ini juga memiliki ruangan normal layaknya rumah biasa namun dengan ukuran minimalis. Karena tidak ada ruangan untuk membangun jendela maka cahaya matahari didesain bisa masuk melalui lubang di kamar tidur.

"Di dalamnya terdapat tempat yang dibutuhkan, seperti dapur kecil, kamar mandi, tempat tidur dan tempat kerja yang serba kecil," ucap Jakub. "Semuanya bisa diakses melalui tangga."

Edgar mengatakan tujuan pembangunan rumah ini untuk mengisi ruang kosong di kota. Konsep itu dihubungkan dengan tragedi Perang Dunia II di Warsawa yang menghancurkan separuh kota. Hal itu dapat diatasi dengan bangunan modern dengan bentuk memanjang ke atas bawah.

"Penelitian menunjukkan bahwa kita sedang mendekati bencana sosial karena ruang hidup terlalu sedikit," imbuh Jakub. "Ini menunjukkan bahwa kamu tidak memerlukan ruang yang sangat banyak untuk hidup."

Berikut ini foto rumah terkecil sedunia di Polandia:

 

(wk/mr)
Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00026852.html#ixzz2A6F1jEEX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar